Assalamualaikum
sobat. Semoga tetap sehat dan selalu dalam lindunganNya. Amin.
Bertemu lagi nih. Langsung saja, kali ini saya akan sharing mengenai pendeklarasian property pada OOP.
Langsung saja ya...
A. Pendahuluan
1. Pengertian
Sebuah properti,
dalam beberapa bahasa pemrograman berorientasi objek, adalah jenis
anggota kelas khusus, antara fungsi antara field (atau data member) dan
sebuah metode. Sintaks untuk membaca dan menulis
properti seperti untuk bidang, tapi baca dan tulis properti biasanya
(diterjemahkan ke dalam bahasa 'getter' dan 'setter' method calls. Sintaks
seperti lapangan lebih mudah dibaca dan ditulis daripada banyak
pemanggilan metode, namun interposisi pemanggilan metode "di bawah
tenda" memungkinkan validasi data, pemutakhiran aktif (misalnya elemen
GUI), atau implementasi dari apa yang dapat dipanggil "bidang baca-saja".
2. Maksud dan Tujuan
Untuk mendefinisikan dahulu apa propertynya, sebeum masuk ke methode dan mendeklarasikan objeknya.
3. Hasil yang
diharapkan
Dengan pendeklarasian property ini, semoga ketika mendeklarasikan mothode da memberikan objek tidak ada yang error.
B. Uraian
1. Alat dan Bahan
- PC
- Txt Editor
- Txt Editor
2. Durasi Waktu
1 menit dengan studi kasus buah
3. Tahapan
Akan tetapi, sebelumnya kta harus mendefinisikan class nya terlebih dahulu yaitu class Buah. Baru kita mendefinisikan propertynya.
- Mencari ciri-ciri buah secara umum. Itu yang akan kita jadikan sebuah properti. Misalkan buah memiliki warna, memiliki rasa, memiliki tekstur.
- Berarti ada 3 ciri-ciri buah secara umum. 1. Rasa, 2. Tekstur, 3. Warna.
- Kita tinggal memasukkannya pada teks editor yakni.
C. Kesimpulan
Jadi, untuk mendefinisikan sebuah kelas. kita gunakan "class" lalu apa kelas yang ingin kita definisikan. Sedangkan untuk mendeklarasikan property kita gunakan variable. Atau ditandai dengan "$" (dolar) lalu nama property nya.
D. Hasil yang
diperoleh
Class dan property sudah didefinisikan.
E. Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Property_(programming)
https://en.wikipedia.org/wiki/Property_(programming)
Tidak ada komentar:
Write komentar