Assalamualaikum
sobat. Semoga tetap sehat dan selalu dalam lindunganNya. Amin.
Bertemu lagi nih. Langsung saja, kali ini saya akan sharing mengenai Apa itu OOP?.
Langsung saja ya...
A. Pendahuluan
1. Pengertian
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek.
2. Maksud dan Tujuan
Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program
dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari.
3. Hasil yang
diharapkan
- Dapat memberi fleksibilitas yang lebih
- Kemudahan mengubah program
- Digunakan luas dalam teknik peranti lunak skala besar
B. Uraian
1. Konsep OOP
- Abstrak Class
- Kelas merupakan deskripsi abstrak informasi dan tingkah laku dari sekumpulan data.
- Kelas dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru(blueprint) atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan objek.
- Kelas merupakan tipe data bagi objek yang mengenkapsulasi data dan operasi pada data dalam suatu unit tunggal.
- Kelas mendefinisikan suatu struktur yang terdiri atas data kelas (data field), prosedur atau fungsi (method), dan sifat kelas (property).
- Encapsulation
- Istilah enkapsulasi sebenarnya adalah kombinasi data dan fungsionalitas dalam sebuah unit tunggal sebagai bentuk untuk menyembunyikan detail informasi.
- Proses enkapsulasi memudahkan kita untuk menggunakan sebuah objek dari suatu kelas karena kita tidak perlu mengetahui segala hal secara rinci.
- Enkapsulasi menekankan pada antarmuka suatu kelas, atau dengan kata lain bagaimana menggunakan objek kelas tertentu.
- Contoh: kelas mobil menyediakan antarmuka fungsi untuk menjalankan mobil tersebut, tanpa kita perlu tahu komposisi bahan bakar, udara dan kalor yang diperlukan untuk proses tersebut.
- Inheritance
- Kita dapat mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.
- Penurunan sifat ini bisa dilakukan secara bertingkattingkat, sehingga semakin ke bawah kelas tersebut menjadi semakin spesifik.
- Sub kelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi detail dan perilaku khusus dari kelas supernya.
- Dengan konsep pewarisan, seorang programmer dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya pada kelas super berulang kali pada kelas-kelas turunannya tanpa harus menulis ulang semua kodekode itu.
- Polymorphism
- Polimorfisme merupakan kemampuan objekobjek yang berbeda kelas namun terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama.
- Polimorfisme juga dapat dikatakan kemampuan sebuah objek untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan padanya, tergantung letak objek tersebut pada jenjang pewarisan.
- Method overriding.
- Method name overloading
2.Dokumentasi
C. Kesimpulan
Jadi, dengan adanya pemrograman berbasis objek ini dapat membantu prgrammer. Dan tid.ak harus mengubah-ubah kodenya. Hanya tinggal mengurang dan menambah baris kode saja. Karena setiap perintah dijadikan sebagai objek
Tidak ada komentar:
Write komentar